Cara Kerja Remote Desktop dan Konfigurasi Remote Desktop di Windows 2003 Server

Remote Desktop bekerjadengan menggunakan protocol RDP alias Remot Desktop Protocol. Secara Default Remote Desktop ini bekerja pada TCP port 3389. Sistem atau cara kerja operasi RDP terbilang sederhana. Informasi grafis yang dihasilkan oleh server dikonversi ke format RDP lalu dikirim melalui jaringan ke terminal, yang akan menginterpretasikan informasi yang terdapat dalam paket protokol untuk merekonstruksi gambar yang akan ditampilkan pada layar terminal.

Untuk yang biasa dengan aplikasi Remote Desktop Connetion bawaan Windows, Berikut saya share beberapa konfigurasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi teman-teman terutama yang menjadi admin networking.

1. Setting Session
Ketika PC / Komputer yang akan kita remote sudah melakukan login maka secara otomatis sudah terbuat 1 session sehingga bila kita akan melakukan remote dengan user yang sama maka akan dibuat lagi 1 session baru, nah untuk melakukan remote dengan 1 session sesuai dengan user yang sama maka dapat dilakukan dengan cara :
Jalankan perintah ini dari start menu->Run-> mstsc /admin, Untuk windows XP mstsc /admin
2. Setting 1 Session Per User
Setting ini berguna untuk memperbolehkan satu session per user caranya :
Start Menu -> Administrative Tools -> Terminal Service Configuration -> Server Setting -> Restrict each user to one session diubah ke Yes.
3. Setting Maksimum Connection
Setting ini berguna untuk memperbolehkan maksimum 1 koneksi ke remote desktop yang terhubung. caranya :
Start Menu -> Administrative Tools -> Terminal Service Configuration -> Connections -> Klik kanan RDP-tcp -> Pilih Properties -> Pilih tab Network Adapter -> Maximum Connection ubah ke 1.

1 Response to "Cara Kerja Remote Desktop dan Konfigurasi Remote Desktop di Windows 2003 Server"