Maksud dari Mapping Drive

Mapping Drive adalah suatu cara yang mempermudah user mengakses share folder yang telah dishare di komputer lain dalam jaringan sehingga folder tersebut menjadi network drive di komputer si user.
Contoh kasusnya: 
Di perusahaan D terdapat beberapa divisi seperti HRD, Marketing, Accounting dll. Beberapa dari karyawan dari divisi tersebut mempunyai share folder yang khusus dibuat untuk karyawan itu sendiri yang telah dishare di server. 
Ibu F adalah salah satu karyawan dari divisi Marketing yang mempunyai folder tersebut di server maka untuk mempermudah akses ke folder tersebut dibutuhkanlah yang namanya Mapping Drive sehingga tiap kali Ibu F mau menyimpan/mengambil data dari share folder di server tidak harus selalu 'tembak' IP ke server karena share folder yang di server sudah menjadi network drive di komputer Ibu F.
How?
Misalnya saya men-share folder "Ibu F - Marketing" di drive D: pada komputer A dengan IP: 192.168.6.10. Kemudian komputer B dengan IP: 192.168.6.16 ingin menjadikan folder "Ibu F - Marketing" ada di komputernya setiap waktu. Caranya dengan menggunakan Mapping Drive. 
Cek Tutorialnya...
1. Saya men-share folder  "Ibu F - Marketing" di drive D: pada komputer A
2. Saya buat 1 file sederhana untuk pengecekan nanti di dalam folder tersebut
3. Kemudian share folder tersebut
4. Pilih Share This Folder dan berikan izin akses yang kamu inginkan untuk folder tersebut
Folder sudah ter-share di Komputer A
5. Selanjutnya adalah saatnya Mapping Drive di komputer B. Buka My Computer > Pilih Tools > Map Network Drive
Tampilan Map Network Drive
6. Pilih Drive Letter yang kamu mau untuk network drive kamu dan cari folder yang kamu mau di Browse...
Saya mau Drive Letternya M:
Folder yang saya mau ada di \\192.168.6.10\Ibu F - Marketing
7. Coba kita cek di My Computer Komputer B
*bim salabimm* Folder "Ibu F - Marketing" sekarang udah ada di Komputer B

Selain cara diatas ada cara alternatif lain untuk membuat Mapping Drive. Cara yang ini kalo saya bilang lebih cepat IMHO loh ya :p. Langsung aja dicek lagi...
1.Tekan tombol windows+R di keyboard lalu ketikan alamat IP Komputer A
IP Komputer A adalah 192.168.6.10
2. Klik kanan di folder yang kamu mau Mapping lalu pilih Map Network Drive. Dalam kasus kali ini saya mau folder "Ibu F - Marketing"
3. Pilih Drive Letter yang kamu mau untuk network drive kamu
Saya mau Drive Letternya M:
4. Coba kita cek di My Computer Komputer B

0 Response to "Maksud dari Mapping Drive"

Posting Komentar